si black ku (vixion) mogok

hi guys mau share pengalaman motor mogok, oh ia motor saya vixion 2008 akhir. sebenarnya gejala kekacauan ini sudah terlihat sejak malam (kemarin) saat pulang kerja, yaitu indikator mesin pada speedo meter menyala lalu mati trus tiba-tiba menyala lagi, berhubung lembur dan pulang malam ga sempet ke bengkel yamaha jadi pulang saja ceritanya besok sebelum kerja kebengkel dulu……………..

Image

kondisi indikator kerusakan mesin nyala

keesokan harinya, saat mau dibawa ke bengkel tiba-tiba motor tidak bisa nyala. Oh ia keadaan aki mulai soak maklum sudah hampir lima tahun belum pernah ganti aki (accu) awalnya saya pikir gara-gara accu nya soak. Trus saya coba pasang accu punya motor lain bisa di stater, tapi tetep tidak mau nyala saya lihat indikator di speedo pada bagian mesin berkedip 3 kali pelan dan 9 kali cepat, Dari pada asal analisa googling aja ternyata setelah googling kedipan itu menunjukan ada kerusakan pada Injektor / kelistrikan ya sudah tanpa ba bi bu langsung aja di dorong ke bengkel yamaha terdekat.

Image

si vixi di bongkar

Akhirnya setelah lumayan mendorong si motor ke bengkel. si mekanik langsung liat indikator mesin dan bilang injektornya kena ( waduh siap-siap keluar dana tidak terduga nih) dinaikinlah si motor ke servis area lalu seperti biasa buka jok dan angkat tanki motor.

Image

nih rasain saya gigit kabelnya

dan setelah di bongkar ternyata kerusakannya adalah kabel kelistrikan ke injektor putus dan disinyalir tersangkanya adalah :

Image

keabel listrik injektor yang putus

 

karena kabel yang putus itu tepat di ujung soket jadi tidak bisa disambung begitu saja dan masalahnya tidak dijual juga socketnya karena termasuk bagian dari kabel bodi tapi untungnya mekaniknya mau ngakali dengan menyambung membingkar socket dan menyambungnya dengan kabel bekas yang lain.

Image

socket yang sedang diakali

 

Image

Image

mekaniknya rajin sekalian bersiin saringan pompa bensin

 

Image

mekanik sibuk servis saya sibuk foto-foto

 

Alhamdulilah akhirnya selesai juga mesin hidup normal kembali dengan biaya 40 rb saja ga usah ganti injektor oh ia biaya 40rb itu diangapkan saya servis ringan saja. lesson learned yang saya dapat adalah ternyata tikus sangat menggangu selain jorok sering nupahin tempat sampah juga bisa naik keatas mesin dan bersantai dibawah tanki motor. thanks udah mampir maaf nih curhatnya kepanjangan. punya cerita konyol tentang motor juga boleh donk share di kolom komentar!

Image

loh mekanik ini malah sibuk buka blong nya mas ipan

 

bonus ternyata ada mekanik yang juga update permotoran lewat wordpress mekanik ini mungkin karena lagi free dia buka blog-blog tmn-tmn mulai dari bro Ipan trus juragan rondo dan blog blog lain nya.

About these ads

39 comments on “si black ku (vixion) mogok

  1. Jos ipan emg terkenal di dalam dan luar negri :D . Salam kenal mas brot :D ,td ane deg2an pas baca injektornya kena. Oalah jd cuma kabel xixixi. Awet juga itu aki 5tahun mas bro, hehe

  2. motor ane juga pernah jadi tempat bersantai tikus, buseet nekat amat tikusnya, padahal motor gak pernah nganggur, untung gak pernah gigit kabel penting.
    paling apes sebatas ngerusak kabel klakson plus ninggalin jejak kaki tikus di jok motor.

  3. lagi mantau spyshoot motor baru yamaha kali bro, biar selalu up-to-date. apa malah lagi pasang postingan spyshoot motor-vixion-modifan-terduga-R15 yang abis service di situ. dikasih sedikit efek blur dan dishoot dari angel2 yg menyulitkan, biar makin penasaran para pembaca blog dan bikin geger jagat per-blog-an otomotif roda 2 nasional Endonesia :D

  4. mantab, kreatif mekaniknya..
    dlu jg kotak wadah dibawh jok sering bwt kongkow tikus, br g bkin ulah ane sering masukin kapur barus. smpe skrng aman dr invasi tikus.

    nice share mz bro.

  5. motor aku vixion tahun 2008. mesinnya cepat banget panas & accu sering drop.
    klau accu aku pikir si kiproknya yg koit(mati). nah yg cepet panas ini yg aku ngga tau…
    oh iya kalau motor aku nyalain 30 menit pasti mesinnya mati trus indikatornya menyala, 5 kali pelan & 5 kali cepat.. kira-kira apa yg bermasalah ya?? mohon dibalas..

    • kalo mesin panas coba cek termostat atau termo sensor waktu itu saya ganti termo stat harganya 130 ribu cek termosyaynya terlebih dahulu baru termo sensor, oh ia air radiator kepaska di ganti kalo ganti termostat

  6. makasih infonya gan..
    oh iya, tadi pagi saya coba manasin motor saya lagi… saya pake accu motor tetangga, hehehe.. 10 menitan bunyinya normal” aja. saya coba nyalain lampu besar(lampu utama), 5 menit kmudian ada yg ngga beres, jarum RPMnya ke angka NOL.
    maaf gan, banyak nanya soalnya belum berani bawa ke bengkel resmi, takut kemahalan… hehehe…

    • kalo rpm naik turun padahal aki baru bisa kabel positif warna merah yang ke Aki dulu saya juga pernah ganti harga kalo ga salah sekitar 35 ribu kalo masih gitu juga berarti di pengisiannya (kiprok) rp 350ribu kalo ga salah .

  7. astagaaaa,, kiprok 350ribu? waduh, gawat nihh…
    saya coba ganti kabel dulu deh gan, soalnya emang udah karatan & rumah sekringnya tutupnya udah patah.. makasih yaaa…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s