Tutorial membuat rangka deltabox dengan menggunakan 3dsmax

Image

Ok guys dah lama ga posting di blog ga jelas ini, oke pada tulisan ini saya ingin berbagi tentang tutorial membuat frame deltabox menggunakan software 3dstudio max. 3d max yang saya gunakan adalah versi 2010 tapi

jangan khawatir karena tutorial ini tetap dapat di aplikasikan menggunakan 3dsmax versi di bawahnya maupun di atas nya baiklah mari kita mulai.

1. pertama-tama kita buat refrensi dulu rangka deltabox nya mau seperti apa gambarnya bisa di ambil di internet atau bikin sendiri nah pada tutorial yang saya berikan ini referensi nya adalah hasil membuat sendiri alias nyayal jadi kalo bentuk rangkanya ga proporsial mohon di maafkan. oke ini refrensinya yang di buat menggunakan software corel draw

Image

temen2 bisa bikin gambar delta box kaya diatas atau ngambil dari fot deltabox asli cuman susah juga saya nyari2 yang ada dari 2 posisi dari sisi dan atas makanya saya buat sendiri.

Image

Image

2 ok kita lanjut sekarang kita mulai menggunakan 3d max nya ya. kita akan membuat plane di 3dmax dengan mengunakan kedua gambar refrensi diatas namun kita harus tau ukuran gambar tersebut supaya nanti saat kita membuat plane ukuranya tepat untuk mengetahui ukuran gambar kita bisa dengan mudah kita ketahui tingal di klik 1 kali pada gambarnya dan lihat detail di sebelah samping (windows XP) kalo tidak ada atau menggunakan OS lain tinggal lihat di propertis detail gambarnya.

Image

 refrensi diatas mempunyai ukuran 779×481

 3. sekarang pada software 3dmax buatlah 2 buah plane dengan parameter seperti pada gambar dibawah

Image

kemudian posisikan kedua buah plane tersebut menjadi seperti gambar berikut

Image

berikutnya kita masukan gambar refrensi nya kepada kedua buah plane tersebut bisa di drag langsung atau melalui map editor

Image

kurang lebih seperti ini disini kita bisa lihat bagian deltabox dari sisi samping dan atas setelah ini kita akan membuat kedua buah gambar rancangan tersebut menjadi bentuk 3 dimensi

4. pada left viewport dengan mengunakan garis sesuaikan dengan gambar rrancangan deltabok nya

– create – shapes – splines -lineImageImage

5. untuk membuat garis tersebut menjadi bentuk 3dimensi ada beberapa cara tapi saya akan memberikan cara yang paling mudah, pertama seleksi garis yang sudah di bentuk sesuai bentuk rangkanya lalu pilih modifer list dan klik extrude seperti pada gambar berikut

Image

 Image

yup hasil nya seperti iniImage

 6.  Oke lanjut lagi pada object rangka deltabox tadi klik kanan lalu pilih object propertis ceklis see through suapaya objek kita menjadi transparan, ini dilakukan agar dengan mudah kita mengedit objek dan di sesuaikan dengan gambar refrensi di belakangnya.

7. oke setelah objek menjadi transparan buka modify lalu pilih vertek pilh empat titik vertek seperti pada gambar yang di lingkari diatas

8. nah kalo tadi di modfy kita pilih vertex sekaang pilih edge untuk mensleksi garis, seleksi 4 garis batang rangka deltabox seperti pada gambar lalu klik kotak kosong di samping tulisan connect bisa juga klik kanan lalu pilih connect nanti akan keluar sebuah parameter untuk di isi pada segmen isi “3”.

9. hasilnya akan seperti gambar berikut terlihat ada tiga garis melintang menghubung diantara empat garis yang di seleksi tadi. (nb: loh ko tidak transparan? ya saya kembalikan ke posisi tidak transparan untuk memperlihatkan garis2 yang terhubung tersebut.)

10. lakukan seperti langkah sebelumnya yang megeser titik2 vertek di ujung deltabok, namun sekarang yang di geser adalah titik2 vertek yang baru yang ada di tengah batang deltabox geser dan sesuaikan dengan refrensi gambar.

11. putar kamera anda sehingga dapat melihat ujung penampang depan lalu pada modfy pilih polygon klik lalu pilih extrude hasilnya kan terlihat seperti gambar berikut.

12. sekarang kita akan membuat rangka belakang.

pada ujung belakang seleksi lalu extrude sehingga memanjang sesuaikan posisinya dari samping agar sama dengan gambar refrensi.

(di ekstrude untuk membuat rangka  belakng agar lebih tepat gunakan view dari samping trus sesuaikan lagi dengan dengan mengeser titik2 vertek agar sesuai dengan gambar refrensinya)

yap hampir selesai tenang jangan buru-buru santai aja minum kopi dulu kewarung beli snack hihi.

13. ok kita lanjut lagi,  nah rangka kita sudah hampir selesai, untungnya benda2 seperti ini biasanya kiri dan kanan sama alias simetri.

dari tadi kita membuat bagian kirinya saja dari pada cape2 bikin lagi untuk bagian kanan lakukan cara-cara seperti ini, buka modifer list lalu pilih symmetry kalo hasilnya ngaco alias tidak sesuai dengan yang di inginkan pada parameter rubah mirror axis x ke y atau z bisa juga di contreng flip nya.

(hasilnya seperti ini)

(dari sudut lain)

14. sekarang kita membuat rumah komstir lakukan langkah-langkah berikut

pilih create — splines — donut jangan lupa ceklist AutoGrid lalubuat donut tersebut pada bagian atas rangka. 

15. lalu seperti biasa extrude kebawah supaya garis berbentuk donat tersebut menjadi objek 3 dimensi

16. sekarang buat bagian rumah atas komstir,  lalu klik kanan pilih convert to —> convert to editabale poly — lalu pilih bavel dan extrude lagi keatas setelah itu buat juga bagian bawah nya lakukah cara yang sama seperti membuat komstir bagian atas. oke hasilnya seperti pada gambar berikut jangan lupa rubah warnanya biar sama.

 

 (bagian atas komstir hasli bavel dan extrude) 

 (bagian bawah komstir)

(komstir telah selesai)

(setelah warnanya di samakan)

17. lanjut lagi boss. sekarang kita akan membuat dudukan footstep depan. putar lagi sudut pandang anda supaya bisa melihat bagian belakang bawah rangka lalu seleksi empat garis lalu seperti langkah sebelumnya di connect sehingga membentuk 2 garis yang baru.

18. pilih polygon di garis belakang lalu extrude lalu conncect lagi sehingga membuat 2 garis lagi bentuk seperti gambar di bawah.

(di extrude trus connect lagi untuk membuat dia garis baru lagi)

(kurang lebih hasil nya seperti ini)

19. sekarang kita akan membuat lubang pada rangka kita caranya adalah buattiga buah object geometry silinder melintang pada rangka dimana kita akan melubanginya jangan lupa attach 3 buah objek tersebut agar menjadi satu objek.

20. nah untuk melubanginya pastikan anda menyeleksi rangkanya kemudian masuk ke create — geometry — buka compund object lalu pilih boolean setelah itu klik pick operand B lalu klik object silinder yang tadi di buat maka silinder tersebut akan melubangi rangkanya.

(oke inilah hasilnya)

(done, rangkanya sudah selesai)

oke sudah selesai rangka yang kita buat sembunyikan atau hapus kedua plane berisi gambar refrensinya. selanjutnya kalian tinggal menambahkan aksesoris lainnya seperti batang tengah dudukan footstep belakang dan lain-lain, tidak akan saya terangkan pada dasarnya proses pembuatannya sama saja dengan yang telah kita buat barusan.

inilah rangka setelah di render dan sedikit penambahan bagian lain dan diberi pencahayaan

oke terimakasih telah berkunjung ke blog ga jelas n ga karuan ini maaf apabila banyak kesalahan pengetikan (typos) ataupun kata2 yang tidak mengerti, kalau ada yang tidak ada yang mengerti boleh di tanyakan di kolom komentar atau email atau apapun

ditunggu keritik dan sarannya

next tutorial apalagi ya silahkan juga kalo ada yang mau request tutorial pembuatan benda2 lain.

22 comments on “Tutorial membuat rangka deltabox dengan menggunakan 3dsmax

Leave a reply to snsd Cancel reply