tutorial menggabungkan object dengan background di 3d max

hello ketemu lagi, sudah lama saya tidak bikin tutorial tentang 3ds max, pada postingan kali ini saya akan membuat tutorial yang simple namun terkadang sangat berguna. tutorial ini ada yaitu menggabung kan object pada 3d max dengan gambar 2dimensi atau photo bahasa sundanya “Match background” sebelum nya boleh cek dulu link ini pada link itu saya pernah memposting iseng-isengan dengan teknik yang sama yang akan kita pelajari kali ini. ok kita mulai saja 

 

1. pertama-tama siapkan dulu background image nya bisa nyuri di google atau hasil foto sendiri, ok disini saya punya foto seperti ini:

Image

2. selanjutnya kita akan gabungkan dengan object yang simple kepada background tersebut

3. disini saya akan membuat object berupa teapot

(sepertinya tidak perlu dijelaskan cara membuatnya hehe agan semua juga bisa menggunakan object lain)

Image

4. ok next kita masukin gambar tadi ke dalam background di 3dmax 

– tekan 8 lalu klik pada enviroment map lalu pilih bitmap cari di hardisk ada backgroud image yang akan kalian gunakan

Image

 

5. sekarang agar background nya tampil di bidang kerja tekan alt + B

– akan muncul dialog seperti dibawah ceklis yang saya kasih tanda merah jangan lupa viewport nya di perspective dan tekan ok

Image

6. dan hasil nya seperti dibawah pada viewport itu nanti hasil yang di render tidak akan sama dengan yang anda lihat di vieport background agar tampilanya sama tekan shift + f

Image

 

nah ini setelah ditekan shit + f yaitu menapilkan posisi yang akan ter-render

Image

 

7. selanjutnya kita akan memberikan bayangan pada object.

– posisikan tampilan teapot pada ruang yang akan kita render nanti

Image

– buatlah sebuah plane kemudaian masuk material editor buat dua buah material yang pertama untuk teapot dan yang kedua untuk plane. Untuk yang teapot saya pake standart material agar sedikit lebih bersinar saya atur di specular level = 72 dan glossiness di 32 

– lalu tekan f9 untuk render dan lihat hasil nya !

Image

– hasilnya masih kurang oke bayangan pun tidak muncul karena kita belum menambahkan cahaya.

– selanjutnya kita masukan cahaya 

– pilih omni lalu ceklis shadow dan pada shadow rollout pilih ray traced shadow

Image

 

– posisikan omni diatas sebelah kiri teapot lalu tekan f9 untuk melihat hasilnya!

Image

 

 

 

 

– well hasilnya masih belum sempurna

Image

 

8. memperhalus hasil render

– sabar pekerjaan kita belum selesai agar lebih oke masih ada beberapa langkah lagi yang harus kita lakukan adalah

– menambahkan skylight lalu simpan di mana saja di viewport

Image

 

-tekan f10 lalu puluh advace lighting dan kemudian pilih light tracer

Image

-silahkan cek hasil redernya dan bandingkan dengan hasil render sebelum nya.Image

10. memecahkan study kasus pada trotoar.

– bila kita menyimpan object dekat trotoar bayangan akan tetap lurus tidak sesuai dengan kontur untuk mengtasinya kita akan melakukan langkah yang cukup mudah.

– pada plane klik kanan dan convert ke editable poly supaya kita bisa merubah bentuk plane.

 Image

-bentuk plane seperti pada gambar dibawah.Image

Image

– saya tambahkan satu object lagi dekat dengan trotoar.Image

-lalu silahkan dicek hasil rendernya.! ( bayangan terlihat membengkok sesuai dengan kontur pada trotoar)Image

 

ok sekian toturial rendering dari saya semoga bermanfaat, kalo ada yang kurang jelas silahkan di tanyakan di kolom komentar.

see you on the next post

 

16 comments on “tutorial menggabungkan object dengan background di 3d max

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s