Tutorial membuat pelk dengan 3d max

baiklah pada tulisan pertama saya ini saya akan mencoba memberikan tutorial pembuatan pelk menggunakan software 3d max, 3d max yang saya pakai adalah versi 2010 tapi kalo kalian punya versi lain tetap dapat menggunakan tutorial ini karena pada tutorial ini kita hanya akan mengunakan tools basic yang ada hampir di semua versi 3d max oke ayo kita mulai!

1. Membuat pelk bagian luar

a.  pilih front view dengan mengetik tombol “f” lalu tekan alt+w untuk memperbesar

b. pilih line tool pada shapes


c. buat garis seperti gambar diatas

d. gunakan fillet pada ujung sudut sehingga menjadi lebih smooth

d. lalu pad moddifer list pilih lathe — pada direction pilih sumbu x hasilnya terlihat seperti pada gambar diatas

e. pilih vieport perspective dan aktifkan smooth + highlight dengan me klik di pojok kanan atau tekan f3

f. pada modifer list di lathe klik (+) plus pilih Axis lalu tarik kebawah pada sumbu z sampai terlihat seperti pad gambar lima jangan lupa pada parameter segmen dirubah menjadi 62 supaya lbih smooth

g.  setelah itu pada modifer list pilih symmetry buka (+) lalu pilih mirror dan tarik keluar di sumbu x

nah sudah jadi deh bagian luar dari pelk/rim sekarang kita akanmembuat tromolnya

2. Membuat tromol

oke sebelum kita membuat tromol hide dulu pelek bagian luar dengan cara klik kanan pada pelk lalu klik hide selected

oke kita mulai pembuatan tromol

a.  pertama2 buat garis seperti gambar di atas pada fornt view

b.  modiferlist— lathe pilih axis pada lathe lalu tarik kebawah pada sumbu x hasilnya seperti gambar di atas

c. pilih tromolnya lalu klik kanan gunakan convert to ediable poly

d. setelah itu pada selection pilih edge lalu klik salah sati garis pada bagian atas tromol

e. klik kanan pada tromol yang setelah dipil ring dan seluruh bagian ata tromol terseleksi lalu pilih connect dan kini terbagi 2 pada sumbu x tarik ke kanan sehingga mendekati ujung
f. lalu kembali ke modiferlist gunakan symetry dan selesailah tromolnya


g. setelah klik kanan pada ruang kerja dan klik unhide all, ups ternyata tromolnya sangat kecil tenang kita tinggal rubah saja ukuran nya tapi pertama2 jangan lupa posisikan tromol di tengah tengah pelek luar
f. caranya tekan alt+a lalu klik pelk luar lalu akan muncul allign sellection ceklist center pada current object dan target object

g. sekarang tromol ada ditengah2 pelk yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah memperbesar ukuran tromolpilih select and uniform scale lalu drag hingga ukuran yang di inginkan

h. nah saat nya menyatukan tromol dan pelek serta membuat palangnya

—-klik kanan pada tromol lalu convert to edt able poly

—-pada modify scroll kebawah cari edit geometry lalu pilih attach dan        klik  pelek luar nya

—- kalo sudah menyatu maka pelek dan tromol akan menjadi satu warna

f. untuk membuat palang nya, pada selection pilih polygon lalu pilih seperti pada gmbar berikut

g.  pada edit polygon pilih bridge kilk pada kotak kosong di pingirnya nanti akan keluar setingan kemudaian masukan parrameternya sebagai berikut

twist 1 = 4
twist 2 = 8
segments = 10
taper = -1.1
bias 55
(silahkan coba dengan kombinasi kalian sendiri semoga mendapatkan yang lebih sesuai dengan seleranya masing2

h. okay sekarang lakukan pada 2 bagian yang lain, disini saya hanya akan membuat pelk palang 3

okay selesai lah pelek nya sekarang silahkan mau di tambah ban dan cakram atau bagian lain seperti melubangi bagian bagian pelk

semoga bermanfaat insya Alloh nanti di bagian selanjutnya kita membahas pembuatan part2 motor lain nya

23 comments on “Tutorial membuat pelk dengan 3d max

    • kalo cd bajakan bisa cari aja di kaskus banyak yang jual, kalo engga download aja di torent. kalo untuk modeling dengan poygon yang masih sedikit spek komputer ga usah tinggi-tinggi, kecuali poygon udah banyak dan rumit malah yang berat tuh waktu proses rendering kalo kita banyak menggunakan effect sama material yang realistik pencahayaan dan bayangan renderingnya cukup memakan waktu, spek komp ane amd x4 ram 4gb vga ATI hd4670 sisa ya standar aja

Leave a comment