Aside

ImageHello bro n sis udah lama nih ga posting tutorial 3d max. Kali ini saya mau sharing tutorial 3d max mengenai texturing, pada tutorial ini memberikan livery pada model motor yang telah saya buat sebelumnya.

Image

Pada gambar diatas terlihat motor tersebut masih polos berwarna putih nah simpelnya kita akan mewarnai motor diatas tersebut.

Baiklah ini tahapan-tahapannya.

1. pertama-tama adalah pilih salah satu bagian dari motor yang saya contohkan pada gambar dibawah adalah bagian samping kanan fairing setelah itu pada modifer list pilih unwarp uvw pada sub selectionnya pilih face lalu drag dan seleksi seluruh bagian kanan fairing tersebut dan klik quick planar maka akan muncul tab baru ( edit uvws )

Image

2. setelah itu pada tools pilih render to UVWs Templates liat gambar dibawah

Image

3. ini adalah hasil rendering uvws tamplates nya ini dibutuhkan untuk kita membuat patokan livery atau teksturnya di photoshop.Image

4. di photoshop saya membuat tekstur seperti ini.Image

5. sekarang masuk ke material editor di 3d max lalu masukan gambar hasil olahan di photoshop ke salah satu slot di material editor.

Image

6. berikutnya pada unwarp uvw sesuaikan posisi di posisi edit uvw sesuaikan posisinya

r6

7. hasilnya seperti ini bro!

r9

r10

8. untuk bagian yang lain lakukah hal yang sama seperti langkah diatas.

r20 r30 r31 r32

okay that’s all for now see you on the next tutorial, yang kurang ngerti dan jelas silahkan di tanyakan di kolom komentar

Tutorial teksturing motor menggunakan 3d max

By gasspoll

37 comments on “Tutorial teksturing motor menggunakan 3d max

Leave a comment