Tutorial modding texture (livery) motogp14 the game (PC)

hi guys ketemu lagi pada postingan kali ini saya mau sharing cara modding texture moto gp 2014 the game. saat kita sudah menyelesaikan game kadang kita bosan dengan game tersebut solusinya biar game nya jadi lebih menyenangkan dan menarik cara yang paling banyak gamer tempuh adalah melakukan modding. untuk modding ini ada yang bisa di download atau menambahkan DLC yang disediakan sipembuat game. namun adakalanya kita ingin game yang kita mainkan dimodifikasi sesuai dengan keinginan kita nah kalo sudah begitu tidak ada salahnya kita modifikasi saja game tersebut. oh ia ini khusus untuk pengguna PC ya kalo pengguna x box dan ps3/4 maaf jarang game-game nya bisa dimodifikasi, enaknya menjadi pc gamer kita selalu bisa memodifikasi game kita.

oke kita mulai moddingnya, modifikasi yang akan saya lakukan adalah merubah livery yamaha M1 monster tech Energy menjadi sesuai keinginan saya yaitu saya buat seperti livery R1 terbaru.

1. pertama anda harus punya tools buat moddingnya oke diantaranya
– mixfile remixer ( fungsinya untuk mengekstrak dan menggabungkan file-file dalam game moto gp klik untuk mendownload)
-paint.net (fungsinya mirip program seperti paint pada windows atau photoshop namun bisa membuka dds file klik untuk mendownload). “untuk windows xp gunakan versi yang lebih lama”
-photoshop dan corel (sebenarnya bisa cukup dengan paint.net saja namun toolsnya kurang banyak jadi saya membutuhkan software tambahan corel dan photoshop.
2. buka file remixernya terus klik browse pada selected mixfile

1925

3. cari direktori game nya, posisi default nya di c:/programfiles(x86)/motogp, disana ada moto2.mix moto3.mix motogp2013.mix dan motogp2014.mix pilih salah satu yang mau dimodifikasi saya mau memodifikasi motogp 2014.mix jangan lupa backup dulu filenya dengan di copy ke folder lain biar aman setelah pilih lokasi di hdd tempoat kalian akan memodifikasinya terus klik extract files.

2021

4.  masuk ke folder hasil ekstrak tadi isinya ada bikes, box cockpits, mechanic, rider

– kalo ingin rubah livery motor cari di folder bikes kalo ridernya ya di folder rider

– nah yang saya akan edit adalah team yamaha monster tech ada di folder bike 308

26 22

5. Buka dengan paint.net lalu save as menjadi png agar bisa di edit di corel atau photoshop

24

6. menggunakan corel trace semua pinggiran gambar yang akan di ganti teksturnya lalu isi dengan warna maupun desain yang agan mau. kalo saya terinspirasi dari R1m1 ditambah sedikit gambar hatsune miku biar seger.

2 3

7. jangan buru-buru ini belum selesai karena saya menggunakan corel tetap photoshopnya harus digunakan fungsinya untuk membuat transparan pinggirannya. kemudian save lagi dengan format png lalu buka dengan paint,net dan save menjadi DDS agar dapat dibaca oleh gamenya.

4 5

8. berikutnya hasil save dds tadi kita timpa kedalam folder motogp hasil extrack dari mixfile remixer kalo sudah ditimpa sekarang buka lagi program mixfile remixernya untuk menyatukan lagi menjadi format .mix caranya simpel setelah terbuka program mixfile remixer nya

– pilih kolom create new mix file

– rubah dulu mixfile formatnya menjadi SBK-X/V8

– kemudian cari folder hasil extrack yang tadi yang sudah di modifikasi nya

– lalu klik pack new mixfile tunggu sampai packing 1672 berhasil di pack

– lalu hasil pack nya timpa di folder moto gp nya

6 7 8

nah hasil nya seperti ini gan

918  10 11 12 13 15 16 17

ok begitulah kira-kira hasil modifikasi paga game motogp14 pc semoga bermanfaat dan saya yakin agan-agan yang suka main game dan ahli di bidang grafis bisa bikin jauh lebih menarik lagi jangan lupa biar makin oke di mod semuanya jangan hanya motornya saja tapi sama helm dan baju balapnya biar serasi .

kalo ada yang ditanyakan silahkan di isi dikolom komentar.

bye see you on the next post!

22 comments on “Tutorial modding texture (livery) motogp14 the game (PC)

  1. gan, sy mw ngedit bike di motogp15 tpi pas dibuka sma mixfile remixer motogp2015.mix nya ada error kyk gni “unhandled exception has occurred in your application, if you click Continue, the application will ignore  this error and attempt to continue, if you click Quit, the application will close immediately.
    Non-negative number required.
    Parameter name: value.”

    Nah itu error nya knp? Trmksih atas jawabanya.

Leave a comment