Tutorial membuat diskbrake / Cakram motor dengan 3dmax

Hello guys setelah lama ga posting tutorial 3d max kali ini saya mau coba bikin tutorial lagi, sebenernya ini tutorial request dari bro “Muhammad Arief Setyo Wibowo” yang request membuat cakram, gear dan rantai.mohon maaf bro untuk gear dan rantai tutorialnya nanti nyusul ya! berikut request nya..

Oke kita mulai sebelum kita mulai masuk ke 3D max nya kita harus menyiapkan gambar cakram dulu bisa lewat googling atau foto sendiri bisa juga bikin sendiri menggunakan photoshop, corel atau apalah yang penting bisa membuat gambar cakram dengan format gambar 2 dimensi seperti jpg, bmp, gif, png dan lain-lain. Nah demi mempersingkat waktu saya lebih suka googling dan dari hasil googling saya dapat gambar cakram seperti ini.

oke setelah punya gambarnya kita harus sedikit mengolahnya di photoshop.

ini dia urutannya

1. seleksi background putih dengan magic wand tools lihat gambar dibawah!

2. lalu hapus bagian putih tadi ganti dengan warna hitam lalu save dengan nama bebas saya sendiri memberi nama “cakram 1” jangan tutup dulu seleksi nya biarkan saja.

3 lalu pilih select dan klin inverse bisa juga menggunakan shortcut (Shift+ctrl+I) otomatis seleksi akan terbalik yang tadinya tidak terseleksi jadi terseleksi dan yang sudah terseleksi akan tidak terseleksi lagi.

4. nah sekarang hapus gambar cakram yang terseleksi tersebut jadi warna putih lalu save as saya beri nama cakram 2. lihat gambar di bawah.

5. sekarang kamu punya dua buah gambar cakram yang sudah di edit di photoshop gambar pertama adalah cakram dengan latar belakang hitam dan yang kedua adalah cakram dengan foreground putih dan background hitam

6. lanjutkan masuk  ke 3dmax buatlah plane dengan ukuran bebas ang penting bentuk nya kotak tidak persegi panjang, buatlah seperti gambar dibawah ini.

7. lalu masuk ke material editor tombol pintasnya adalah dengan menekan hutuf “m” di keyboard pilih salah satu slot di material editor lalu buka tab maps.

8. drag dua gambar cakram yang sudah di edit di photoshop tersebut “cakram1” di slot difuse “cakram 2” di slot Opacity lihat gambar dibawah.

9. sekarang tinggal masukan material yang sudah dibuat tadi pada plane yang sudah dibuat sebelum nya

Selesai Simple kan lain kali saya akan bikin tutorial membuat cakram yang lebih detail lagi tapi dengan menggunakan teknik ini bisa menghemat waktu cukup banyak dan sekarang kita lihat hasil rendernya, saya hanya menggunakan light tracer 1 omni dan skylight.

nah lumayan kan hasil nya dari pada lumanyun hehe sekarang kita lihat setelah di padu kan dengan objek lain lets see

okay that’s all for now see you in the next article and tutorial

next tutorial = membuat animasi gear dan rantai (insya alloh)

next article = belum kepikiran

last good bye dan semoga bermanfaat terima kasih sudah berkunjung bila ada pertanyaan atau tutorial request boleh kirim email , lewat facebook atau di kolom komentar.

By gasspoll

20 comments on “Tutorial membuat diskbrake / Cakram motor dengan 3dmax

Leave a comment