Fansboy honda (FBH) harus berterimakasih pada Yamaha

Loh ko macam mana pula ini atau wtf are you talking about mungkin itu pertama yang terlintas di pikiran salah satu fans boy, tapi buat saya ini kenyataan bahawa FBH harus berterimakasih sama yamaha.

lok ko harus say thanks segala emang apa yang telah dibuat yamaha buat kepada FBH segala ampe harus berterima kasih segala? 

Yup Yamaha dengan inonvasinya berhasil mebangunkan AHM alias astra honda motor. dulu pabrikan yamaha YMKI dipandang sebelah mata, bahkan hanya jadi pabrikan ke tiga di Indonesia setelah Honda dan Suzuki. Tetapi perlahan dengan inovasinya setelah hanya konsern di 2 tax yamaha mulai menjajaki 4 tak disini honda masih tertidur dan kepedean dengan produk-produk nya yaitu supra, mega pro dan tiger . Honda malah lebih melihat ancaman datang dari pabirkan cina yang dikenal dengan mocin kala itu AHM mengeluarkan produk pembunuh mocin yaitu legenda, legenda 2 dan supra fit.

Namun perlahan tapi pasti inovasi yamaha dengan jupiter Z, jupiter mx mulai menggoyang honda di kelas bebek, tapi yang benar-benar meruntuhkan honda saat itu diamana yamaha men stop produksi nouvo Z dan lebih konsern ke mio honda masih belum sadar akan motor matic, rupanya mio mulai di terima oleh masyarakat boleh di bilang walaupun yamaha bukan pabrikan yang pertama kali membawa motor matic ke Indonesia tetapi yamaha yang mempopulerkan motor jenis matic ini. Setelah itu munculah sang giant killer yamaha vixion, awal keluar motor ini di hargai 18 jutaan masyarakat makin terbelalak bahwa motor dengan segudang teknologi tinggi tidak harus mahal ( delta box, injeksi, diasil silinder, radiator, monoshock ) teknologi  yang itu pada waktu itu masih jarang di motor pabrikan lokal, dan sesuai prediksi penjualan tiger dan megapro dibabat oleh si vixion ini.

trus apa hubungannya sejarah tersebut FBH harus berterima kasih ke Yamaha?

Nah karena inovasi itu bahkan ada saat dimana Market Share Yamaha (YMKI) benar-benar mendekati Honda (AHM) malah kalo tidak salah sempat melampaui MS honda walau pun hanya sebentar. Seperti kebakaran jenggot honda langsung terbangun dan dan seperti kesurupan produk-produk andalan honda mulai di keluarkan di awali dengan CS 1 lalu mulai serius di matic dengan beat dan vario techno. lalu untuk sport nya AHM mengeluarkan New Mega Pro untuk membendung vixion lalu berturut-turut walaupun masih import mendatangankan duo CBR  150 dan 250. yang fenomenal sekarang vario  125 banyak fitur dengan harga murah istilahnya value banget.

bahkan kedepannya FBH bakal dusiguhi sang misterius teralis.

Andaikan yamaha tidak berinovasi seperti waktu itu, mungkin sampai saat ini para fanboys honda harus selalu import produk-produk berkualitas dari thailand lewat importir umum. Seperti sonic dan cbr150 dan mungkin line up honda yang ada sekarang adalah supra dengan warna hitam kelam, megapro dengan fitur bocor tanki dan Tiger yang overprice masih jadi andalan dealer-dealer honda.

lalu sekarang apa yang yamaha beri kepada fanboys nya?

cukup disayangkan yamaha seperti lupa akan akarnya yamaha malah terbalik menjadi seperti honda yang dulu. Bahkan untuk memberikan rem cakram pada jupiter Z1 susah, coba bandingkan honda dengan Blade revisinya cukup ampuh. lalu yaaha mio berubah jadi mio j dari mesin dan injeksi mungkin oke tapi dari fitur masih kalah dari matic honda. Setelah itu scorpio, dimana para FBY menginginkan minimal menjadi fazer 250 naun yang didapat adalah klingon. dan terakhir R15 yang menjadi dambaan para FBY, siap-siap hanya akan mendapatkan klingon jilid 2.

oke sekian dari saya ga nyangka panjang juga tulisannya. sampai jumpa maaf kalo ada salah kata atau tulisan yang kurang berkenan.

catatan :

Honda yang saya maksud (AHM) dan Yamaha (YMKI / YMII)

By gasspoll

22 comments on “Fansboy honda (FBH) harus berterimakasih pada Yamaha

  1. Setelah itu scorpio, dimana para FBY
    menginginkan minimal menjadi fazer 250 namun yang didapat adalah klingon. dan
    terakhir R15 yang menjadi dambaan para FBY, siap-siap hanya akan
    mendapatkan klingon jilid 2.

    Wah, parah klingon..
    Kan mesin’a g bisa d bilang jelek juga..

  2. iya gmn tuh bro panji?!
    ada sesuatu di internal yamaha x, restrukturisasi sj.
    secepatnya berkemas,sbentar lg tutup tahun-tutup buku,total semua dievaluasi,dengar &baca kebutuhan market,jika sudah dilakuken tunggu reaksi pasar, ending nya konsumen yg menilai.mestinya dr pengalaman ymh pernah menggoyang hnda walau bbrp bln sj sdh ckp jadi motivasi kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s